Minggu, 30 Mei 2010

Pengembangan Kompetensi Sumberdaya Kependidikan

Pembelajaran merupakan suatu proses mengubah perilaku siswa sesuai dengan tujuan yang diharapkan, kearah yang lebih baik dan bersifat menetap.. Oleh karena itu, dalam proses pembelajaran dibutuhkan kegiatan membimbing siswa, agar siswa dapat berkembang sesuai dengan tugas-tugas perkembangannya, melatih keterampilan serta memotivasi siswa Oleh karena itu, seorang guru perlu memiliki beberapa kemampuan dalam merancang dan mengimplementasikan strategi pembelajaran yang sesuai dengan minat dan bakat serta sesuai dengan taraf perkembangan siswa.

Adapun tujuan pengembangan SDM yaitu meningkatkan produktivitas kinerja dan mengurangi kinerja yang kurang efektif serta meningkatkan mutu pendidikan. Kompetensi merupakan perbuatan, keterampilan, cara berpikir dan bertindak yang rasional guna mencapai tujuan yang diharapkan.

Sebagai profesi, beberapa kompetensi yang harus dimiliki oleh seorang guru:
Kompetensi Pribadi
Guru sering kali dianggap sebagai sosok yang ideal. Oleh karena itu, guru harus mempunyai kompetensi yang berhubungan dengan pengembangan kepribadian.

Kompetensi Profesional
kpmpetensi profesional adalah kemampuan yang berhubungan dengan penyelesaian tugas-tugas keguruan. Kompetensi ini merupakan kompetensi yang sangat penting, karena erat berhubungan dengan kinerja yang ditampilkan.

Kompetensi Sosial Kemasyarakatan
Kompetensi ini berhubungan dengan kemampuan guru sebagai anggota masyarakat dan makhluk sosial, meliputi , kemampuan berinteraksi dan berkomunikasi dengan teman sejawat untuk meningkatkan kemampuan profesional, kemampuan untuk mengenal dan memahami fungsi-fungsi setiap lembaga kemasyarakatan, serta kemampuan untuk menjalin kerja sama, baik secara individual maupun secara kelompok.

Oleh sebab itu guru haruslah mampu :
- Menginspiring
- Membuat bahagia:
* Peserta didik
* Kepala Sekolah
*Orang Tua
* Masyarakat
- Mewakili perasaan (kompetensi sosial)
- Mengharumkan => dengan pemerolehan prestasi yang baik
- Mengembangkan diri, tidak boleh
out of date sehingga tidak mudah layu


0 komentar:

Posting Komentar

Template by:
Free Blog Templates