Minggu, 30 Mei 2010

Peran Guru dalam Pembelajaran

Guru merupakan tokoh yang menjadi panutan bagi para peserta didik, dan lingkungannya. Dalam menjalankan tugasnya seorang guru haruslah memiliki standar kualitas tertentu, yang mencakup tanggung jawab, wibawa, kemandirian, dan disiplin. Sedangkan hal yang harus dilakukan oleh seorang guru dalam dalam menyampaikan materi pembelajaran, seorang guru haruslah dapat membuat ilustrasi, menganalisis, merespon, mendengarkan, menciptakan kepercayaan, memberikan pandangan yang bervariasi, menyediakan media, dan menyesuaikan metode pembelajaran.

Adapun peran guru dalam pendidikan sebagai berikut.

1. Guru sebagai pendidik, sebagai pendidik guru harus memiliki standar kualitas tertentu, yang mencakup tanggung jawab, wibawa, mandiri dan disiplin.

2. Guru sebagai pengajar, sebagai pengajar guru harus memberikan penyampaian bahan ajar sesuai dengan tujuan pendidikan yang berlaku.

3. Guru sebagai pembimbing, sebagai pembimbing guru memberikan bantuan untuk mencapai pemahaman dan pengarahan diri, sehingga peserta didik mampu menyesuaikan diri.

4. Guru sebagai pelatih, pada proses pendidikan dan pembelajaran memerlukan latihan keterampilan, baik intelektual maupun motorik, sehingga menuntut guru untuk bertindak sebagai pelatih karena tanpa latihan tidak akan mampu menunjukkan penguasaan kompetensi dasar.

5. Guru sebagai penasehat, sebagai seorang penasehat bagi peserta didik juga bagi orang tua.

6. Guru sebagai Pembaharu, sebagai pembaharu tugas seorang guru adalah menerjemahkan kebijakan dan pengalaman yang berharga akan materi bahan ajar kedalam istilah atau bahasa moderen yang akan diterima oleh peserta didik. Sebagai jembatan antara generasi tua dan genearasi muda

7. Guru sebaga pribadi, sebgai priadi guru harus memiliki kepribadian yang mencerminkan seorang pendidik. Guru perlu juga memiliki kemampuan untuk berbaur dengan masyarakat melalui kemampuannya.

8. Guru sebagai peneliti, seorang guru harus berusaha mencari apa yang belum diketahui untuk meningkatkan kemampuannya dalam melaksanakan tugas melalui penelitian.

9. Guru sebagai pendorong kreatifitas, guru senantiasa berusaha untuk menemukan cara yang lebih baik dalam melayani peserta didik sehingga peserta didik akan menilaianya bahwa ia memang kreatif

Dengan banyaknya peran guru dalam pendidikan maka diharapkan seorang guru senantiasa berusaha untuk menemukan cara yang lebih baik dalam melayani peserta didik sehingga peserta didik dapat menjadi lebih baik . Selain itu seorang guru juga haruslah memperhatikan sikap dasar, gaya bicara, hubungan kemanusiaan, Proses berfikir, Perilaku neurotis, Selera, Keputusan, Kesehatan, serta gaya hidupnya secara umum karena perilaku guru sangat mempengaruhi peserta didik.

0 komentar:

Posting Komentar

Template by:
Free Blog Templates